Jenis-Jenis Multimedia
1. Multimedia
Interaktif
Pengguna/
user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia
akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi
program, virtual reality,dll
2. Multimedia Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan
oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada.
Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh:
world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa
dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara
media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan
sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna.
Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai
akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft
Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa
secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat
memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen
untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya
Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari
satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
7. Hypermedia
dokumen
berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. Media
Interaktif
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan
bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak
hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan
aktif.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. virtual
realitas
adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia
nyata. Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi
umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
Bidang-Bidang
Aplikasi Multimedia
1.
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk
merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin
bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan
berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
2.
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan keuangan meliputi
pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan,sumber pinjaman dan
perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.
3.
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi
dalam bidang ini
misalnya aplikasi Sistem
Informasi Akuntansi (SIA),
aplikasi SistemInformasi Manajemen
(SIM), aplikasi Decision
Support System (DSS)
dan aplikasi Executive information System (EIS).
4.
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
Penerapan
multimedia dalam bidang
ini tertuju kepada
aktivitas pemasaran, khususnya
aktivitas promosi yang
meliputi periklanan, promosi
penjualan, penjualan perseorangan,
public realtion dan penjualan
langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini
adalah Periklanan televise, Interactive Multimedia Merchandising
(cara perusahaan untuk
menjangkau dan melayani
pelanggan), Merchandising Kiosk, Video Kiosk , Virtual Shopping, Comparison Shopping,
Mass Market Application.
5.
Aplikasi
Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai
penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk informasi biaya
perjalanan, travel news, fitur paket
liburan, dan pemesanan online untuk lodging dan transportasi melalui
darat, laut dan udara.
6.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia komputer memungkinkan pembeli
mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen,
memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling
rumah.
7.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam
bidang kesehatan, multimedia dapat mendukung pelayanan
dan fasilitas sistem
kesehatan, ilmu kesehatan, kantor
pendidikan medis, perpustakaan
ilmu kesehatan dan
fotografi medis serta pelayanan
produksi median.
8.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan multimedia digunakan
dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.
9.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak
informasi yang dapat
dipublikasikan secara elektronik
melalui dokumentasi elektronik misalnya penyajian buku yang
setiap materinya dapat terdiri dari grafik, animasi, audio dan video.
10.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain
sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau
siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan
pemasaran pendidikan.
11.
Aplikasi
Multimedia dalam Pemerintahan
Aplikasi multimedia yang paling menonjol
dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios
Informasi tentang Kota.
source :
http://hartina129b.blogspot.com
http://boixosnoiz.blogspot.com
http://ncellina.blogspot.com
wiihhhh
BalasHapus